Sabtu, 16 September 2017

Cara Membudidayakan Udang Vaneme Secara Tradisional Menggunakan Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072541.jpg

1.Bagaimana merawat udang vaname tidak terserang berbagai penyakit seperti Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu nomor satu, pertama yang harus di sterilkan yaitu media air terlebih dahulu. Taburlah Pupuk 3 Liter/hektar ke dalam tambak dengan dicampur air, usahakan penaburan serata mungkin. Tujuannya agar air netral, seimbang, hewan kecil seperti plangkton dan phyto plankton berkembang secara cepat selain itu juga kondisi tanah didalam tambak cepat berlumpur seperti tepung, dimana menyebabkan udang betah dan senang berada di dasar lumpur, maka nanti hasilnya udang akan berkembang dengan cepat. Usahakan ditiap 1 pekan sekali di tabur pupuk yatop 1 liter/hektar bertujuan untuk menjaga ekosistem di wilayah tambak, merawat kesehatan udang lebih agresif, lincah dan nafsu makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan pupuk yatop 1 liter/hektar ditiap 1 pekan sekali adalah hal yang wajib, karena untuk mengatisipasi situasi kondisi alam ekstrem yang tidak menentu. Kebutuhan yatop dalam 1 hektar berkisar 15 liter sampai bisa panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang susah moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya lambat ?


Udang tumbuh subur dicirikan dengan terlihatnya moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat namun jika udang susah moulting pasti ada sesuatu yang salah di dalam tambak. Masalahnya ini harus ditemukan. Namun untuk menemukan faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan pembudidaya malas untuk mengeceknya. Kebanyakan Petani di Indonesia pengen instan. Faktor udang tidak moulting karena kulit udang yang mengeras. Solusinya adalah dengan menaburkan yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tebarkan ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat pupuk yatop itu perih jika terkena luka, rasa perihnya tersebut dalam waktu sekian detik atau menit, jika kena kulit udang maka hasilnya udang akan lebih cepat ganti kulit. Biasanya udang akan ganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih bisa diselamatkan ?Udang stress/teller

dikarenakan banyak penyebab, misalkan adalah kondisi di dasar tambak terlalu dingin, kekurangan protein di dasar, tengah dan di atas air. Yatop merupakan pupuk yang didalamnya terkandung banyak sekali protein tinggi. Cirinya yakni jika tutup botol di buka lalu ditutup kembali maka proteinnya otomatis muncul ke atas berwarna keputih-putihan. Jika udang stress/teller dan sering naik ke atas maka solusi tepatnya adalah taburkan Yatop 3 liter/hektar kemudian tunggu sebentar 1 sampai 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun maka taburkan kembali yatop 1 – 2 liter lg. Semakin banyak yatop di tebar maka semakin cepat udang turun ke bawah dan normal kembali. Kalau udang sudah stress dan sudah pulih dengan pupuk yatop maka lakukan penaburan pupuk yaotp 1 liter/hektar secara kontinyu setiap 1 pekan sekali. Jangan sampai lewat satu minggu karena akan menyebabkan udang stress lagi.

4. Bagaimana tambak yang sudah kurang produktif / jarang menghasilkan masih bisa diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/kurang produktif masih bisa diperbaiki, caranya adalah harus kembali ke alam. Pakai kotoran sapi, karena di dalam lument sapi terdapat banyak mikroba yang berguna buat tanah dan bisa bertahan selama 3 bulan lamanya. Rumus pembuatan Kotoran sapi Sbb. : 1 LITER YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi selama 1 minggu, tiap hari di aduk selama kira-kira 5 menit. Jika sudah 1 minggu taburkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Biarkan selama 5 hari jika timbul lumut sutera lalu isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran hewan sapi wajib menggunakan yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Keunggulan Pupuk Yatop Untuk Udang Vanamei

Menurut pengalaman di Lapangan pupuk Yatop mempunyai karakteristik yang unik dan aneh di berbagai wilayah di Tanah Air. Kelebihannya adalah sebagai berikut :

1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang dapat dinetralisir oleh yatop dalam kurun waktu berkisar 3 jam. Caranya : Masukan air payau ke dalam gelas (240 cc) lalu masukan pupuk yatop. Air payau yang terasa asin akan berubah menjadi netral selama kurun waktu 3 jam, dan garamnya turun ke dasar gelas. Lama kelamaan air tadi akan terasa seperti manis jambu air.

2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Dalam Air

Air yang tercemar oleh limbah pabrik dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam waktu 3 hari. Air tambak yang telah tercemar dalam 3 hari akan berubah warnanya. Makanya saya memberikan saran sebelum udang dimasukan ke tambak alangkah baiknya ditabur yatop terlebih dahulu apabila sudah 3 hari baru masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Akan Seimbang

Setelah air dan tanah di tabur yatop maka selama 3 hari kondisinya akan seimbang. Hal ini sudah dibuktikan dengan melakukan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Apabila PH telah seimbang maka udang pun akan bertumbuh dengan cepat.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang sudah diberi yatop maka lumpurnya akan berubah menjadi halus seperti tepung dalam jangka waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi dikarenakan pupuk merupakan sumber makanan untuk bakteri.

5. Lumut Sutera Menjadi Subur

Tambak yang di tabur dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera bagus sebagai sumber makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terserang oleh penyakit, Virus atau lainnya dapat diobati dalam kurun waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung yatop maka udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat sembuh.

7. Plankton Berkembang Dengan Cepat

Tambak yang telah di berikan pupuk yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat hewan plankton yang hidup didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Apabila melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas permukaan maka udang itu hidupnya tidak akan lama, esok atau lusa udang akan mati. Apabila melihat kejadian seperti itu maka solusi tepatnya Taburkan Yatop sebanyak 3 liter perhektar, dalam hitungan 3 jam udang akan normal kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang sudah memakai yatop ketika dipanen dagingnya sudah terbebas dari bahan kimia. Warna udang cerah, daging kenyal, rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpg

Untuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan

bakso mas asep

Popular Post

bakso mas asep
 
Back To Top